Halaman

Kamis, 25 November 2010

Modul Pelatihan Web (Chapter 1)

Kemunculan website merupakan turunan dari kemunculan internet yang diawali dengan kemunculan ARPANet yang merupakan sebuah jaringan lokal yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Jaringan ini dibuat pada kurun waktu 1960an yang dibentuk khusus untuk mempermudah proses pertukaran dokumen/informasi antar-institusi di ruang lingkup Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Model jaringan ini lama kelamaan digunakan oleh masyarakat luas dan terkenal dengan nama Internet yang merupakan singkatan dari inter-connected networking yang berarti jaringan interkoneksi/saling terhubung.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang mudah dihancurkan.
Internet itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa jaringan jaringan lokal/LAN ataupun beberapa WAN yang saling terhubung dalam satu atau beberapa cloud server. Internet itu sendiri merupakan sebuah sebutan model jaringan yang super luas, dan di dalamnya terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan seperti electronic mail (e-mail), chating, video call, download, upload dan  world wide web (yang selanjutnya akan kita kupas dan kita sebut dengan nama website).
Ketika anda membuka aplikasi peramba (browser) pada komputer anda dan mengetikkan salah satu alamat website, misalnya www.facebook.com terdapat interaksi antara peramba dengan server, middleware dan basis data yang dimiliki oleh facebook. Interaksi tersebut terangkum dalam gambar di bawah ini:


Setelah anda selesai mengetikkan www.facebook.com (dilanjutkan dengan proses login dan menekan enter tentunya), aplikasi peramba yang anda gunakan akan mencari dimana server facebook. Setelah server ditemukan, middleware (biasanya seh yang dipake PHP) akan berinteraksi dengan basis data untuk menemukan data pribadi anda dan memunculkannya di layar komputer anda.
Dari gambar tersebut sudah tergambar jelas apa saja yang terjadi ketika kita membuka website dan secara tidak langsung bagaimana cara kerja website. Hanya segitu? Tentu tidak, dari gambar tadi juga tergambar jelas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website/membuat website bekerja yaitu web server, middleware/scripting language dan basis data.
Itu artinya untuk membuat website anda harus mampu memahami cara kerja web server serta jenis yang akan disesuaikan dengan kebutuhan website kita. Middleware/scripting language yang jumlahnya juga tidak sedikit. Namun dari sekian banyak scripting language yang paling banyak digunakan adalah HTML dan PHP atau perpaduan keduanya. Serta penggunaan dan manipulasi basis data. SANGGUP? Teruskan baca modul ini untuk mendapatkan pencerahan !!!

1 komentar: